Jumat, 21 Oktober 2011

install ubuntu 10.04 melalui Flashdisk USB

di postingan migrasi ke Linux, saya menuliskan bahwa saya merasa agak kesulitan dan menemui error ketika menginstall windows XP ketimbang menginstall ubuntu. karena yang baru berhasil adalah menginstall Ubuntu dari Flashdisk, maka saya akan menuliskan cara menginstall ubuntu melalui Flashdisk. berikut adalah caranya.

yang perlu dipersiapkan adalah:
  1. flashdisk siap rusak (:D), minimal 1 Gb
  2. file iso ubuntu yang akan diinstall  (bisa didownload gratis di situs ubuntu.com, atau minta sama teman)
  3. program pembuat FD kita bootable yang bisa didownload di http://www.pendrivelinux.com/universal-usb-installer-easy-as-1-2-3/

setelah siap, kita mulai.

<>membuat bootable Flashdisk

<>jalankan program universal-usb-installer

<>pilih edisi ubuntu yang ingin diinstall

<>klik "browse" untuk membuka file iso ubuntu




<>pilih removable disk yang ingin diformat dan dijadikan bootable (jangan salah pilih, pastikan buka di eksplorer untuk memastikan)



<>klik create


selanjutnya menginstall ubuntu di komputer kita

<> nyalakan komputer kita, Tekan tombol F8, F11, F10 atau tombol F12 (bergantung pada BIOS Anda) untuk memilih USB Flashdisk sebagai boot device yang akan dijalankan pertama kali.

<>tunggu sampai muncul pilihan dalam bentuk DOS. kita bisa memilih untuk mencobanya (try) atau langsung menginstallnya langsug ke hard disk. karena saya ingin menginstall, maka saya pilih install to Harddisk

<>kita akan masuk ke panduan instalasi. Pilih bahasa kemudian klik tombol "Install Ubuntu 10.04 LTS" untuk melanjutkan ...


<>setting waktu dan regional, kemudian pilih forward


<>tentukan format keyboard, pake saja setting default. tapi bolehlah kalau ingin mengganti.



<>nah, ini dia bagian yang rawan. kita harus menentukan partisi harddisk. kalo salah bisa berabe.



ada empat pilihan di sini:

1. Jika Anda memiliki sistem operasi lain (misalnya Windows XP) dan Anda ingin sistem dual boot, pilih opsi pertama: "Install them side by side, choosing between them at each startup."

Catatan: Opsi ini hanya akan muncul jika Anda memiliki sistem operasi lain telah terinstal pada komputer, Microsoft Windows misalnya. Ingatlah bahwa, setelah proses instalasi, boot loader Windows akan ditimpa oleh boot loader Ubuntu!

2. Jika Anda ingin menghapus sistem operasi yang sudah ada, atau harddisk sudah dalam kondisi kosong, dan Anda ingin agar installer melakukan proses partisi secara otomatis, silahkan gunakan pilihan kedua, "Use the entire disk."

Catatan: Pilihan ini direkomendasikan bagi pengguna yang tidak memiliki sistem operasi lain terpasang pad komputer atau yang ingin menghapus sistem yang sudah ada.

3. Pilihan ketiga adalah "Use the largest continuous free space" ini akan menginstal Ubuntu 10.04 dalam partisi kosong dalam harddisk yang telah dipilih jika anda memasang lebih dari satu harddisk.

4. Pilihan keempat adalah "Specify partitions manually" jika anda ingin melakukan partisi secara manual dan ini hanya dianjurkan untuk pengguna tingkat lanjut, untuk membuat partisi khusus atau memformat hardisk dengan file system lain selain pilihan yang telah ditentukan secara default. Langkah ini juga dapat digunakan untuk membuat partisi /home secara terpisah, yang sangat berguna jika Anda menginstal ulang seluruh sistem Ubuntu dikemudian hari.

bagi pemula, saya anjurkan memilih pilihan no 1. kalau  sudah selesai dengan urusan HardDisk, tinggal pilih forward


<>akan muncul pilihan mengisi profile seperti nama dan password, isi sesuai kebutuhan kita, klik forward


<>jika sudah, klik install dan tunggu sampai muncul pop up restart. ditunggu sekitar 20 menitan kalo ga salah.

<>setelah restart, anda akan masuk ke Ubuntu baru kita. (yeah)

^^


semoga berrmanfaat

2 komentar:

  1. Nice inpo, sangat bermanfaat..
    mungkin kita bisa bertuker informasi atau backlink.. :D

    BalasHapus